Minggu, Maret 15, 2009

Integritas Berklaster

Pihak yang “berkeinginan” mengembangkan/memperkuat klaster industri di Indonesia rasanya semakin banyak. Setidaknya itu kesan yang saya tangkap dari berbagai kesempatan dalam waktu belakangan ini.
Ternyata perlu waktu sekitar sepuluh tahun untuk sampai kepada semangat seperti saat ini di Indonesia. Mudah-mudahan saja semangat ini terus menguat dan diiringi implementasi yang baik [baca : sungguh-sungguh dan berkelanjutan].
Mengapa ini penting? Banyak konsep/pendekatan pembangunan yang dinilai berhasil di negara lain, kandas dalam implementasi di Indonesia. Saya tidak khawatir ”kegagalan ini” karena ”kemampuan teknis”. Bukan hendak menyombong. Tapi saya kira kemampaun orang Indonesia tidak kalah dari kemampuan orang manapun.
Saya lebih khawatir soal yang lain. Integritas misalnya. Mungkin Anda sering bertemu dengan, atau menghadir acara yang juga dihadiri oleh pejabat (penentu kebijakan), tingkat nasional ataupun daerah, berucap akan melakukan ”ini-itu” – termasuk akan mengembangkan klaster industri - dalam forum-forum resmi. Tetapi dalam realita selanjutnya tidak diikuti dengan tindakan kongkrit yang konsisten. Dari sehimpunan orang yang menaruh minat dalam klaster industri, boleh jadi ada sebagian yang tidak benar-benar hendak berklaster.
Maaf ini, memang jadi terdengar”klise”. Tapi saya ingin mengingatkan saja. Memperkuat klaster industri, tidak cukup diucap. Perlu sikap dan tindakan yang sejalan, dilakukan konsisten dan berkelanjutan. Jika tidak, upaya yang dilakukan hanya akan buang waktu dengan menggunakan istilah mentereng [= ”klaster industri”].
Mengembangkan/memperkuat klaster industri memerlukan penentu kebijakan dan para aktor yang memiliki integritas untuk berklaster. Jika ingin mengembangkan/memperkuat klaster industri, ajaklah mitra yang memiliki integritas . . .

Salam.

14 comments:

Atca 16 Maret 2009 10.28  

Mampir dulu pakde...
belum sempat baca2 nih...speedy lagi ada maslah...
sudah mulai posting, berarti sudah sehat nih pakde...semangat ya pakde...

sigit 18 Maret 2009 11.53  

Pakde, mungkin saya gak mengikuti dari awal, mhn penjelasan klaster, belum nyambung nih, salam.

Klaster Industri 19 Maret 2009 07.32  
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Klaster Industri 19 Maret 2009 07.34  

@ Mbak Atca : terimakasih sdh mampir & atas doanya . .
@ Mas Sigit : silahkan baca2 artikel sebelumnya (misalnya di http://klaster-industri.blogspot.com/2008/12/apa-itu-klaster-industri-2.html) dan taut di blog : http://tatang-taufik.blogspot.com

e-je 22 Maret 2009 23.17  

betul sekali pakde, sudah saatnya klaster industri ini digalakan di indonesia, karena investasi selama ini kebanyakannya pada padat modal semua, mudah-mudahan dengan adanya klaster industri ini UMKM yang padat karya bergairah kembali dan bisa mengurangi pengangguran.

hero-bussiness 28 April 2009 14.52  

Nice blog with powerful articles

Another Blogger 24 Mei 2009 21.17  

wakaka! Klaster industri? klaster yg gimana nih? orang2nya apa industrinya yg berklaster.
Org Indonesia ga bakal bisa bikin klaster industri dech. Itu cuma wacana dr para perencana aja. Biar konsultan ada kerjaan heheheheheheh

fathursukaudang 27 Oktober 2009 23.24  

saya rasa bukan suatu yang tidak mungkin kita membangun kawasan klaster industri yang baik, bergantung bagaimana langkah awalnya..

sekalian numoang nanya om..sebenarnya karakteristik perkembangan industri yang baik itu gimana yak??

http://azrafikriansyah.blogspot.com 14 Agustus 2010 13.44  

salam kenal, rekan-rekan......
Saya kebetulan juga lagi ngangsu kaweruh masalah kluster

Anonim 15 Agustus 2010 06.25  

Kluster across the globe sedang disurvey oleh Porter dan konco-konconya, sayangnya Indonesia belum teridentifikasi meski dia pernah ngasih Executive lecture di Jakarta kapan hari. Profile kluster di beberapa negara bisa dilihat di http://data.isc.hbs.edu/cp/index.jsp.Semoga bermanfaat

ahmad 20 Juni 2011 07.13  

salam kenal...
saya mahasiswa mau penelitian tetang strategi klaster hulu (penyedia bahan baku) hilir (pengolah)... masih bingung nyari referensinya... mohon info gan.. terima kasih.

Harry 5 Maret 2012 16.00  

Hi, Nice post! Would you please consider adding a link to my website on your page. Please email me back.

Thanks!

Harry
harry.roger10@gmail.com

rental mobil 28 April 2013 23.28  

Makasih artikelnya, sangat bagus.

ARTIKEL TERAKHIR

KOMENTAR TERAKHIR

Creative Commons License
Blog by Tatang A Taufik is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 United States License.
Based on a work at klaster-industri.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://tatang-taufik.blogspot.com/.

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP