Rabu, Januari 14, 2009

Klaster Industri : Google Pagerank, Alexa Traffic, Link Popularity . . . dan Kopi Hitam

Ya benar, saya tidak akan membahas khusus tentang google pagerank seperti yang disinggung di sini atau ini, juga tentang alexa traffic yang di sini, atau pun link popularity.
Mengapa? Ini sudah sering dibahas di banyak blog, saya bukan ahlinya, dan bukan itu maksud utama tulisan ini. Lalu mengapa judulnya seperti itu?
Ini karena ada kaitan dengan tema blog ini : klaster industri. Terkadang saya menggunakan analogi-analogi untuk menjelaskan atau mendiskusikan ”fenomena” tertentu dalam klaster industri ini. Kali ini saya ingin kaitkan dengan istilah-istilah yang sering menjadi ”ukuran keberhasilan” kalangan blogger, seperti pagerank, traffic, popularity, search engine ranking dan sebagainya . . .
Esensi klaster industri terletak bukan hanya pada keberhasilan mencapai ”hasil akhir” tetapi juga proses penciptaan nilai (value creation) dan kekuatan rantai nilai (value chain) dari ”keseluruhan” rantai nilai relevannya [menurut beberapa pakar, himpunan dari banyak entitas tentang ini sering disebut value system]. Bayangkan keserupaan ini dengan konteks nge-blog, termasuk berkaitan dengan kualitas konten blog kita [memiliki nilai kemanfaatan atau tidak] yang kita deliver kepada pembaca, dan bagaimana pembaca/pengunjung ”mengkonsumsi”-nya, serta bagaimana ”jejaring dari blog tersebut” dan ”jejaring pengunjung”-nya terbangun.
Manakala konten suatu blog misalnya, dinilai ”berguna” oleh pengunjung [apapun ukuran kegunaannya tersebut], dikunjungi berulang kali, terbangun jejaring yang saling terkait antarblog atau web, maka pagerank, traffic, popularity dan beberapa ukuran lain ”meningkat.” Lho, bagaimana dengan blog yang berisi junk tetapi ternyata menunjukkan indikator-indikator yang tinggi? Ya tentu itu pencerminan dari ”nilai” (values) yang dianut oleh si penyedia konten blog dan pengunjung blog tersebut, serta ”transaksi” antarmereka. Ini termasuk ”transaki” kunjungan dan ”klik saja,” sekalipun mungkin saja si pengunjung tidak pernah menghiraukan konten dari blog yang dikunjunginya sama sekali.
Klaster industri pun demikian. Mau contoh? Banyak acara hiburan di televisi, sekalipun ”konten”-nya dinilai oleh sebagian pemirsa sangat ”murahan, tidak mendidik, tidak etis, dan sebagainya”. Tapi boleh jadi itu diminati oleh sekelompok pemirsa lain [yang tentu saja memiliki nilai berbeda], menjadi sangat ”laku” sehingga juga menarik berbagai pelaku bisnis lain untuk beriklan atau membangun jejaring, dan pada akhirnya ”berhasil” secara komersial. Jadi, ”nilai komersial” adakalanya [jika tidak seringkali] tak berkaitan dengan ”nilai kultural” yang dianut (misalnya menyangkut benar-salah, baik-buruk, dan sebagainya).
Setidaknya ada tiga hal yang ingin saya catat di sini. Pertama, aktivitas kita [nge-blog, memperoleh manfaat dari blog dan berklaster industri] ditentukan oleh nilai (values) yang kita yakini dan nilai (value) yang ingin kita sampaikan atau kita peroleh. Kedua, perkuatan nilai terjadi jika transaksi antara pihak ”penyedia” dan ”pengguna” mendukung hal tersebut. Transaksi yang saling-menang (win-win / mutually beneficial transactions) yang sebenarnya tidak akan terjadi secara berkelanjutan antara pihak yang berbeda nilai, walaupun bisa terjadi transaksi yang bersifat sesaat. Jadi, klaster industri yang tangguh pun hanya akan terbangun manakala para pihak (pelaku bisnis, konsumen, dan pihak terkait lainnya) adalah pelaku-pelaku yang memiliki niat dan ikhtiar yang baik. Pada akhirnya, citra tentang klaster industri tertentu akan ditentukan oleh bagaimana mereka (para pelaku) menjalankan bisnisnya. Kata orang sono : you are what you are doing . . .
Ketiga, ukuran “keberhasilan” tidaklah bebas nilai. Banyak pebisnis yang sangat kaya secara materi. Tetapi boleh jadi itu diperoleh dari praktik bisnis yang tidak legal atau bertentangan dengan nilai-nilai tertentu yang diyakini masyarakat. Tentu pilihan pelaku bisnis, penentu kebijakan, dan kita semua, klaster industri yang bagaiman yang hendak kita perkuat di daerah atau negara kita.
Ini identik dengan apa yang saya baca di beberapa blog yang membahas seputar konten, pagerank, traffic dan popularity. Konon, banyak blog yang memiliki pagerank, traffic, dan populairty yang sangat tinggi, tetapi mungkin saja tidak mempunyai konten bermanfaat bagi masyarakat/kelompok orang lainnya. Tetapi banyak juga blog dengan indikator-indikator yang tinggi dan sekaligus mempunyai konten yang sangat bermanfaat bagi masyarakat kita. Tentu saja banyak pula blog yang kontennya baik berindikator rendah, dan blog dengan konten "@+?" yang berindikator rendah pula.
Ok, tidak perlu Anda nilai - saya akui blog ini masih“ecek-ecek”, tetapi niatnya ingin berbagi informasi yang mudah-mudahan bermanfaat. Semoga ke depan dapat diperbaiki.
Saya juga belajar pelan-pelan untuk meningkatkan efektivitas tersampaikannya informasi dan melihat “kemunculan” di search engine dengan penggunaan keyword yang sesuai. Konon ini mempengaruhi seberapa besar peluang blog kita “dilirik” oleh search engine dengan menggunakan keyword tertentu. Silahkan jika luang, bantu mengintip mencari di google dengan keywords yang biasanya saya tekankan dalam konten blog terkait, yaitu : sistem inovasi, kebijakan inovasi, klaster industri, atau opini pribadi. He he . . Tentu saja untuk yang terakhir muncul juga blog saya, wong pancen kata kuncinya nama saya . . .
Nah, identik dengan blog, maka indikator demikian pun menjadi umpan balik penting bagi langkah-langkah penguatan klaster industri [sekali lagi tentu kembali kepada nilai-nilai yang ingin kita bangun]. Para pelaku bisnis dan pemerintah serta para pemangku kepentingan lainnya (stakeholders) perlu duduk bersama untuk mengevaluasi, dan kemudian merumuskan serta menyepakati langkah ke depan yang perlu diambil.
Sampai bagian ini, mungkin masih ada yang terheran-heran atau gregetan . . kok ”muter-muter” sih penjelasannya, pakai analogi segala?
Kalau ingin bahasan ”serius” tentang klaster industri, ya silahkan baca literaturnya. Banyak yang dapat diakses di internet. Kemudian, kita dapat berdiskusi lebih lanjut.
Quiz : kira-kira blog ini, dengan blog ini, dan blog ini serta blog ini memiliki keterkaitan dan bermanfaat atau tidak ya? Silahkan dikomentari.
Sementara itu, saya mengerjakan tugas-tugas lain sembari menikmati secangkir kopi hitam . . .

Salam

14 comments:

Li 14 Januari 2009 21.35  

pakde tengkiyu kopi hitamnya yaw...^^

ATCA 14 Januari 2009 21.40  

Pakde...
kalo tentang Pagerank, SEO dsbnya malah saya juga belom ngerti..banyak blog memang yang membahas mas.ini..cuman karena aku masih baru ya ngga ngerti2 juga ..hiks..
yang dijalani sekarang masih belajar menulis dan bw...mudah2an dengan belajar sama pakde juga bisa ikut2an mendapat PR bagus he..he..
Btw mau ke TKP yang ini, itu, sini dan sinu dulu yah..
mau juga Atca kopinya..

ifat 14 Januari 2009 22.50  

selamat ya pak de

budhe 15 Januari 2009 01.06  

Iya tu banyak blog ngebahas tg pagerank,,traffic,search engin dsb..budhe malah tambah ga' ngeh ..

Wah..tumben ni bahasa pengantar Pakde lebih menyatu ma pembaca.. palagi sambil minum kopi hmmm..slurrrp..bangga nich serasa duduk satu meja..biasanya pakde seperti mempresentasikan makalahnya di podium he... makasih kopi dan infonya yach.. meski baru bisa manggut manggut dhoank yang penting budhe hadir ya..

Selamat dan sukses slalu bahwa blog ini merupakan persembahan istimewa atas sumberdaya yang Pakde miliki untuk memberikan manfaat serta kemanfaatan bagi kami
khususnya dan kecerdasan bangsa umumnya.Smoga berkah barokah yach..

Klaster industri?? haha.. smoga saling mendukung berkesinambungan bergerak bersama secara dinamis.

indra putu achyar 15 Januari 2009 13.17  

met siang pakde... semoga kita sehat selalu...
kalo SEO itu gimana si pakde cara kerjanya? masoh lom ngerti ni ttng SEO... hehehe

t1to 16 Januari 2009 10.39  

SEO di blogku banyak dibahas juga kang . .

Tatang Taufik 17 Januari 2009 08.29  

Terimakasih semuanya . . .
Kang Indra dan mas T1To lah pakar tentang TI dan SEO . . .

Pakde 17 Januari 2009 08.38  

Tuh kan . . . Mungkin karena sering diomongin, neng alexa kadang-kadang ngambek kasih info yang tidak konsisten . . .

Brigadista 17 Januari 2009 08.38  

waahhh,...osting yang membuka wawasan lagi,... makasih pak dhe.!!

CT 20 Januari 2009 11.11  

Salam kenal. Saya dari Malaysia. Terima kasih dengan tip yang diberi.

http://www.jutawansenyap12.blogspot.com

Fortune Park Hotels Ltd 31 Januari 2009 17.19  

Users will be able to create their own search engines indexing particular types of data, a single site, or a set of particular sites because now Alexa is giving access to their crawler to the users and the visitors. Alexa came to this conclusion as a result of some tests that they were conducted on their web search platform. By using Alexa’s search and publication tools users can search and process innumerable number of documents apart from being able to create their own search engine. The users can also store large number of web data as Alexa provides compute and storage resources as well. Users can avail of this service by registering for the beta by filling up a form on the site.

bodrox 12 Februari 2009 13.44  

dari dunia industri Om, senior saya neh artinya... he 4X, mbahas SCP, positioning, logistic dll. kayak zaman kuliah aja :)

hanum 30 November 2009 18.59  

Google has once again updated their search engine algorithm and Page Rank on November 2009. This has caused great joy for many webmasters, while others are scrambling to find out what happened to their websites page rank.

andiny oktariana 6 Juni 2012 11.51  

kita juga punya nih artikel mengenai industri, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/512/1/Julius_Tulis_123-128.pdf
trimakasih :)

ARTIKEL TERAKHIR

KOMENTAR TERAKHIR

Creative Commons License
Blog by Tatang A Taufik is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 United States License.
Based on a work at klaster-industri.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://tatang-taufik.blogspot.com/.

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP