Jumat, Oktober 31, 2008

Bahan Pelatihan dalam "Indonesia Seaweed Forum"

Walau hanya dapat hadir satu setengah hari (itu pun tidak dapat mengikuti secara penuh setiap acara yang diselenggarakan) dalam "Indonesia Seaweed Forum" pertama di Makassar baru-baru ini, saya cukup "terkejut" dengan kegiatan ini.

Antusiasme peserta, terutama para petani rumput laut, dalam mengikuti kegiatan ini mengindikasikan kesungguhan mereka dalam berjaringan dan menggali kesempatan perbaikan berbisnis di bidang rumput laut. Melihat produksi rumput laut Indonesia yang tengah terus berkembang dan semangat para pelaku bisnisnya yang begitu tinggi, rasanya memberi optimisme bahwa industri ini akan dapat menjadi salah satu keunggulan Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan para petani/pembudidayanya.

Saya diundang sebagai salah seorang fasilitator dalam acara "Pelatihan Petani Rumput Laut" yang diselenggarakan tanggal 29 Oktober 2008. Bahan diskusi dapat dilihat/diunduh dari lokasi file di sini.

Semoga bermanfaat

1 comments:

Tatang Taufik 17 Januari 2009 pukul 08.22  

Taut (link) untuk bahan-bahan makalah atau bahan presentasi sedang saya tata ulang. Sebagian dapat dilihat pada "sidebar" di
blog Tatang Taufik .
Salam

ARTIKEL TERAKHIR

KOMENTAR TERAKHIR

Creative Commons License
Blog by Tatang A Taufik is licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 United States License.
Based on a work at klaster-industri.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://tatang-taufik.blogspot.com/.

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP